Selamat Datang di Blog Bang Muis

Tiada yang lebih penting dalam hidup ini selain memberi makna atas apa yang telah di jalani, setiap tapak kehidupan hendaklah bermakna, bagi ku, bagimu, bagi semua... dan tapak tapak yang mengukir sejarah atas peradaban adalah tapak berharga, yang akan diingat manusia sepanjang masa, sebagaimana orang terdahulu melangkahkan tapaknya, adapun tapak ku dimulai hari ini,.. di saat ku menyadari betapa banyak kesia-siaan yang ku alami.. Allah,.. ampuni aku

RIWAYAT

Diposting oleh Khumainy Kamis, 12 Februari 2009

Namaku Shah Khumainy Lahir di Sekura - Kabupaten Sambas pada 11 April 1980 tempatnya hari kamis, jadi hari ini adalah hari kelahiranku hanya tanggalnya tidak tepat. daan ape ape be. aku terlahir dalam keluarga sederhana ayah PNS (Pegawai Negeri Sipil) ibu ku juga PNS (Pekerja Nekad di Sawah) habis kerjanya pergi subuh pulang sore. Ohya .. belum kenalan ya.. Ayahku bernama SALIM MUSNI BAKRI dan ibuku bernama CHADIMAH ADAN, dari dulu aku heran kok wajahku ganteng amaaat?? rupanya ibuku tuh.. bunga desa di kampung (HAHAHAH NARSIZ benerrrrrrr..!!!" ndak masalah men, mumpung masih idup, ya nggak coy, yoi yoi..) saudaraku ada 9 (sebenarnya) namun karena Allah lebih sayang pada kakak ku yang nomor 2 (MUFHIMA) ia di panggil_Nya ketika masih berumur 2 tahunan, jadi fotonya belum sempat di ambil (tak punya camera ketika itu th. 1970-an), oke cukup sedihnya.. sekarang ku jelasin satu persatu,

nih dia saudaraku semua...

1. WASILAH ANIM
2. ALL THANAFIZY
3. MUFHIMA (Almh)
4. MAF'ULA
5. KHATIBA
6. SHAH KHUMAINY (gue nih...)
7. GHANIYA
8. JUARNINGSIH
9. MULTHAZIMY

nih... fotonya,...

hanya kami bertiga yang cowok, yang lainnya CEWEEEEEK semua, tapi heran cowok yang satu itu (abangku no.2) sampai sekarang belum kawin-kawin juga padahal umurnya udah hampir 40 tahunan (1971 - 2009), mudah-mudahan yang baca profil ini ada yang tertarik mau jadi istrinya. amin...

oke, kembali pada diri ini, he he ... sejak kecil aku akrab dengan kegiatan masjid (sejak SD), di takdirkan Allah bersekolah di SDN NO. 26 SEKURA, SMP NEGERI 1 SEKURA, trus SMA sebenarnya aku kepingin masuk STM di pontianak, namun berhubung ketika itu nilai matematika ku rendah, sedangkan yang di tuntut ketika itu harus nem (ndak seperti sekarang) maka aku urungkan niat dan mengarahkan map pendaftaran ku ke SMEA 2 PONTIANAK (sekarang SMK NEGERI 3 PONTIANAK) tes sudah di ikuti, ketika itu nomor urutku 212 (wiro sableng kali') tapi nilainya pun kayaknya sableng juga.. aku tidak di terima ketika itu (1996), so.. aku nganggur setahun jadi tukang parkir di GOR Khatulistiwa dan separuh tahun ku jalani dengan keasyikan menjadi orang terkaya sepontianak ketika itu, gimana tidak mobil dan motorku tiap menit berganti-ganti, tapi sering juga diambil orang tanpa permisi (DASAR TUKANG PARKIRRR..).

hingga suatu malam aku bertemu dengan seorang bapak-bapak kurus tinggi setinggi janggutnya yang menggantung rapi dan beruban, mengenakan sorban putih kusam, berjubah hijau lumus, tapi harum 1000 bunganya begitu menggoda (jangan salafi ya... (salah fikir)). bapak paruh baya ini menghampiri ku yang baru aja selesai menunaikan sholat isya di masjid baiturrahman - bansir III, ia adalah orang ketapang yang khuruj ke kampung banser ini (aduh.. aku lupa namanya) sudah 2 hari ia di sini besok harus pindah lagi ke masjid lain, ia mengajak ku berbincang sejenak sambil minum susu jahe hangat, biasanya sih sehabis isya aku langsung pulang trus ke rumah si hery untuk mejeng, soalnya malam-malam banyak cewek lalu lalang di bansir. lalu bapak ini dengan tanpa jarak (tua-muda) ngobrol tentang sesuatu yang belum pernah ku dengar sebelumnya (MLM Syurga) aku ngajak 2 orang dua orang ngajak lagi 2 lainnya, untuk apa??? MAKMURKAN MASJID. trus ia membeberkan hadits-hadits yang memang belum pernah juga ku dengar dalam bahasa malaysia, (memang sebelumnya aku pun tidak pernah membaca buku hadits, mana shohih mana dhoif, I dont know). namun semua hadits-hadits itu bernama menyemangati, ku lihat judulnya "FADHAIL AMAL" buku nya tebal dan kumuh, berdaki, ada beberapa yang sobek (mungkin keseringan di baca). sampai akhir pembicaraan aku di ajak nginap malam itu di masjid untuk sama-sama tahajjud dan mendengarkan ceramah subuh harinya, aku sebenarnya tidak yakin akan bangun tapi di sana aku di ajarkan caranya tidur.. akhirnya bangun juga pukul 2 malam 'subhanallah' ini lah tahajjud ku yang pertama dalam se umur hidupku. nah, sejak saat itulah aku jadi rajin sholat.... 3 bulan kemudian aku pun pulang kampung untuk melanjutkan sekolah yang tertunda 1 tahun ini.

hari cerah, 28 Juli 1997 aku di terima di SMK NEGERI 1 TELUK KERAMAT - Kab. Sambas, begitu masuk langsung di daulat untuk menjadi ketua osis, baru kelas 1 udah di suruh ngurus osis, bawahanku kelas 2 dan 3 semua.... ah, bingung. osis aja aku baru kenal. kalau pramuka memang aku kenal sejak kelas 4 SD, bahkan udah sampai LT III di SECATA B singkawang. ku terima juga jabatan itu, selama setahun bersekolah banyak yang telah ku dapatkan di sekolah ini, mulai cara belajar komputer yang semi militer, ngetik system buta, bahasa inggris pake' scrabble dan sebulan conversation terus, trus guru yang ngajar kayak di dapur kami, abis merokok tak putus-putus selama jam pelajaran berlangsung hingga guru yang paling gokil (sendawa tiap 5 menit) di segala cuaca. 19 juni 1998 menjelang, pembagian raport pun berlangsung, namun begitu pulang ke rumah aku bertemu kakak ku yang tertua sengaja datang dari pontianak untuk menjemputku melanjutkan bersekolah di sana, (pontianak??) wah.. dalam hatiku, memang ini yang ku inginkan...., aku pun meminta pendapat teman-teman osis semua dan guru-guru juga, akhirnya mereka pun merestui meskipun berat, khusus teman osis. surat pindahpun keluar, beserta keluarnya aku dari sekolah ku itu... da da..h, pak rahman HAR, kepala sekolah yang baru saja menjabat ketika itu menggantikan bapak Sy. Ali Bizar, perjalanan di teruskan. map ini di arahkan kembali ke SMK Negeri 3 Pontianak, (kenapa mesti di sini lagi ya??). oh... banyak sekali hikmah yang ku dapatkan di sinilah aku bertemu Zafanis (zaini, ahmad yani, fitriadi, asmunandar, nuryadi, aris pratama & suprayetno) teman-teman majelis taklim ulil albab lainnya, hingga sekarang aku jadi aktivis nasyid. ada yang lucu di sini, ketika MOS, terjadi tarik-menarik antara Majelis Taklim dan Osis, kedua-duanya menginginkan aku untuk memimpinnya, pilihan ku jatuh kemajelis taklim (coz aku ingin berdakwah disini).. dan di osis, aku undur diri menjadi wakil ketua saja, kandidat yang kalah ku suruh jadi ketua, semua setuju SELESAI MASALAH... banyaklah yang terjadi di sekolah, ente pun tahu lah...

Selanjutnya..... Cerita Tentang Zafanis, Mau ikut?? just clik

hingga akhir sekolah, dapat ujian satu lagi, seminggu menjelang ujian kompetensi akhir sekolah zafanis mendapatkan kesempatan untuk ikut Festival nasyid yang di gelar majalah TREN di UI Depok-jakarta, aku bingung memutuskan,.. kak long bilang, kau udah besar, kau tau yang terbaik, pertimbangkan sendiri. teman-teman zafanis semua menguatkan untuk ikut, sedangkan cs ku di sekolah (netti, kasnadi, sriyati, lili, dewi) menyarankan untuk tidak usah ikut, ujian ini menentukan kelulusan juga di jurusan ku (akuntansi). timbang punya timbang akhirnya aku nekad ikut sama teman-teman zafanis, kami pun serius latihan, pernah di datangi pak RT "suruh berenti-udah malam", padahal baru jam 11 (he he he maklum anak nongkrong semua) trus pernah latihan siang hari, pintu kamar kami latihan di banting pintu oleh orang yang rupanya lagi tidur siang di kamar sebelah... astaghfirullah... maaf deh bro, kalau ente masih ingat., namun di situlah kekuatan di peroleh.. hingga waktu berangkat pun tiba, kira-kira tgl. 18 april 2000 malam kami menuju pelabuhan pontianak, menggunakan kapal barang Caraka III, kami menelusuri laut nih fotonya...

kesempatan dalam perjalanan tidak di sia-siakan, kami gunakan untuk latihan... he he asyik, seumur hidup kayak gini cuman sekali itu tuh..

hasilnya??? tidak sia-sia men, juara II se JABOTABEK, dengan menggunakan nama mahasiswa kalbar yang tinggal di depok, maklum lah nasyid di pontianak baru zafanis doang...

saking gembiranya dapat juara dua sampai dengan PEDE nya ngamen di stasiun kereta api manggarai sambil nunggu kereta api datang (setengah jam), nggak percaya nih fotonya...


ha ha ha ha ha, aku sering tertawa sendiri melihat dokumentasi ini, kok mukanya tebal amat ya??? tapi seru juga bro, asyik deh pokoknya, pengalaman pertama kali ke jakarta di isi dengan hal yang kayak gituan, penontonnya ramai lagi, mungkin di kirain topeng monyet kali. syukur-syukur tidak ada yang menaruh uang receh di songkok ku, ntar di kirain pengamen lagi...
Oke deh,,.. cukup cerita zafanisnya, ada yang terpotong nggak?? tentu saja tapi mohon maaf lah atas kekurangan itu.

nah, pembaca yang budiman... sejak festival di jakarta itulah hobiku jadi berubah total, berpengaruh hingga ke cara hidupku. lebih islami, cendrung menyukai kebenaran, dan berteman pun di tempat yang benar. makanya aku yakin sekali grup nasyid bisa merubah pribadi seorang pemuda yang mungkin jauh dari kebenaran paling tidak hal ini melahirkan generasi yang hanif gitu lah... ya Allah amin... namun akhir-akhir ini nasyid sering di fatwakan bid'ah oleh sebagian orang, duh.. bagaimana ini...????

Ohya... tentang keluarga belum ya??... ekhm.. ekhm.. aku sudah menikah, tepatnya tanggal 5 september 2004, sesuai dengan azam ku sejak SLTA, sedapat-dapatnya menikah di umur 25, tapi Allah berkehendak lain, umur ku masih jalan 24 aku sudah mendapatkan seorang akhwat bernama Lina Warda anak seorang tokoh masyarakat sungai raya dalam yang juga imam masjid raya mujahidin H. HASAN HAR, ia ang cantik, anggun, berwibawa, santun, lembut, apa lagi ya... pokoknya all for you lah darling... cup cup mmmmuahh...,

satu tahun pernikahan kami di karuniai anak laki-laki pada hari kamis, 7 - 7 - 2005 lahir dirumah (kamar kami), tepatnya pukul 21.55 WIB malam hari, saking syangnya ku beri nama anak ini = SHAHZADA FAZLI JANHALWANY, janhalwany itu singkatan dari (Jantung Hati Lina Warda dan Shah Khumainy) dan barokah datang lagi dengan kehadiran anak ku yang kedua, Lahir di rumah sakit swasta Antonius, lho kenapa??? karena istriku telat melahirkannya udah 7 hari... so di rangsang deh di sana, kasihan dia kesakitan, ku temani ia hingga melahirkan kebetulan kamar bersalin hanya satu tempat yang terisi jadi aku boleh masuk. tak lama seorang bayi keluar beserta bungkus air ketubannya, seketika bidan tua yang dayak banget itu menangkap dan menarik kepalanya, crossss... lahir tanpa setitis darahpun melekat di tubuhnya, putih bersih dan agak keriput. lahir pada hari Rabu, 16 - 7 - 2008 (wah.. dua dua nya bulan 7) istriku juga lahir bulan 7, untuk buah hati kedua ini ku beri nama SHAHZADA FAKHRI WILDANY, wildany itu singkatan dari Dwi Love Lina WArda & Shah Khumainy... he he,

sekarang ini aku bekerja freelance, dahulu pernah bekerja di agen majalah SABILI, trus di BILL SHOP IKHWANUL MUKMININ sekaligus menjadi MARBOT di sana, kemudian tukang ketik di rental THOYIB COM (udah tutup sekarang). sempat juga mengajar di TK ALMADANI, setelah magang 1 bulan di TK AL AZHAR, ketika akan menikah, aku mengundurkan diri, kemudian di terima bekerja di MASJID MUJAHIDIN sebagai tukang sedot karpet masjid, pernah pula mengajar di MIS IMADUDDIN sebagai guru MULOK, karena yayasan IMADUDDIN menilaiku kreatif menciptakan hal baru, namun karena nanti juga akan ada klasifikasi entah apa namanya, aku pun mengundurkan diri.. coz aku tak punya titel, pekerjaan ku lanjut di yayasan mujahidin sebagai IT hingga lah sekarang... Oh ya beberapa bulan yang lalu aku diterima kerja di ikhwanul mukminin sebagai sekretaris eksekutif, namun tugasnya berat sekali dengan gaji 700 an lagi pula ada some one yang membuat mood ku jadi buruk. akhirnya aku pun mengundurkan diri lagi, wal hasil sekarang ini aku freelance, namun tetap ke masjid mujahidin dan ngumpul di radio mujahidn untuk mengupdate ilmu di sana, bergaul dengan orang-orang pintar, berilmu, sekaligus cari 'can'.

akhirnya ku bertanya pada diri sendiri,... mengapa aku ini, apa sebenarnya yang terjadi padaku yah?? sepertinya terkesan tidak tetap pendirian, hingga suatu saat seorang teman akhwat menegurku dengan kata "abang ndak tetap pendirian" meskipun ia menegur blog ku yang gonta-ganti template dan judul, seperti sekarang ini nih...

ah.. tidak ku sia-siakan teguran ini, mungkin memang begitulah aku, makanya harus berubah.. ku coba berubah mulai sejak ia mengatakan kata-kata itu padaku, ku mulai dari cara berbicara pada orang lain, trus sekarang ku benahi caraku berpakaian, entah apa lagi nanti yang akan ku lakukan. ku hanya berharap Allah SWT memimpin diri ini agar tidak tersalah langkah, riwayat ini ku tulis pun sekadar mengingat sejarah hidup, karena bung karno pernah berkata 'jangan pernah melupakan sejarah' yang dimaksudkan tentunya agar kita bercermin, agar jangan seperti keledai, "jatuh ke dalam lubang yang sama dua kali"

aku ingin menjadi orang yang setegar karang di lautan (tetap pendirian), tak tergoyah kan badai, namun luluh oleh usapan air (air = iman/kebenaran, ya Rabbli bimbinglah diri ini.

0 komentar

Posting Komentar

Lencana Facebook

Comment Anda